Belajar Menulis Huruf Sambung

Belajar Menulis Huruf SambungLancar menulis huruf cetak, kini saatnya si kecil belajar menulis huruf sambung, tegak.

Biasanya Ayah yang mengajarkan menulis karena Ayah sangat bagus untuk mengajar keteraturan dalam menulis. Biasanya, Bunda ikut mendengarkan prinsip-prinsip yang disampaikan Ayah, agar ketika Bunda yang harus mengajar si kecil menulis, ia tidak menjadi bingung karena prinsip yang disampaikan tetap sama.


Lebih mudah dengan perumpamaan

Ini saya temukan dari si kecil sendiri, ketika ia sedang belajar menulis kalimat dengan huruf sambung.

Si Kecil: Bunda, ini yang lebar jalan tol (sambil menunjuk buku berlatih menulis halus, buku garis besar dan kecil)…yang sempit ini jalan tikus.

Iya, si kecil kami hobi bermain pura-pura menyetir mobil sejak umur 2 tahun. Jadi, rupanya lebih mudah bagi dia mengumpamakan buku bergarisnya menjadi jalan tol dan jalan tikus.


Ikuti kesukaannya

Selain memang untuk berlatih menulis setiap kata dengan benar, melakukan imla dengan kalimat pendek akan melatih si kecil untuk mengingat. Dorong si kecil untuk berusaha mengingat kalimat yang disebutkan, lalu menuliskannya.

Bunda: Oke. Sekarang coba kamu lihat, huruf seperti ‘b’, ‘k’, ‘l’…itu huruf-huruf yang punya jambul. Nah, jambul ini harus pas di batas jalan tol yang atas, ya.

Si Keci:  Ya, Bunda. Nih…begini ya, Bun?

Bunda:  Bunda: Ya…betul. Sekarang, huruf seperti ‘p’, ‘q’, ‘y’…itu huruf-huruf yang punya ekor. Coba buat ekornya pas di batas jalan tol sebelah bawah.

Si Keci:  Ya, Bunda. Nih…begini ya, Bun?

Bunda: Bagus. Sekarang huruf-huruf yang tidak punya jambul atau ekor, buatnya harus pas di jalan tikus, ya. Ini lho…seperti huruf ‘a’, ‘c’, ‘e’.  Hayo apa lagi coba?

 

Membiasakan si kecil dalam keteraturan, seperti menuliskan huruf-huruf dengan peletakan yang benar, akan berdampak tidak hanya pada tulisannya yang elok, tetapi juga pada cara ia menangani sesuatu.
Bagikan tulisan ini ya supaya berguna juga bagi teman-temanmu :) . Klik:
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

keluarganobel

Saya bekerja penuh waktu sebagai ibu di rumah dengan kerja tambahan yang dilakukan paruh waktu yang berkaitan dengan menulis di blog, menerima pesanan snack homemade...sambil mengasuh anak-anak. www.keluarganobel.com

4 thoughts on “Belajar Menulis Huruf Sambung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *