Tips Dapur: Bersihkan Kompor Gas

Tips dapur tentang cara mudah membersihkan kompor gas dari cipratan minyak setelah hebohnya aktivitas masak-masak di dapur :).

Kompor gas yang penuh cipratan minyak adalah pemandangan tak sedap. Kebersihan dapur, termasuk kebersihan kompor adalah salah satu indikator apiknya si pemilik rumah dalam melakukan kegiatan masak dan menjadi cermin dari kualitas masakan yang disiapkan.

Bagaimana cara mudah membersihkan kompor gas yang penuh cipratan minyak? Memang di pasaran tersedia produk khusus pembersih kompor. Tetapi kali ini, yuk kita pakai cara sederhana saja yang lebih hemat biaya.

Kita akan memulai dengan melepaskan tungku (tempat pantat panci atau wajan mendarat di atas kompor). Siapkan tissue makan, spon/busa, setengah potong jerus nipis dan sabun cair pencuci piring. Lap seluruh bagian kompor dengan tissue makan mulai dari bagian yang paling sedikit terkena cipratan minyak. Lakukan sampai sebagian besar minyak terserap oleh tissue makan. Usapkan campuran air jeruk nipis dan sabun cair pencuci piring di seluruh bagian kompor yang sudah dilap dengan tissue makan. Diamkan selama lima belas menit, lalu lap kembali dengan tissue makan. Lembabkan spon dengan air, lalu bersihkan seluruh permukaan kompor yang terkena sabun dengan spon. Lakukan dua sampai tiga kali sambil setiap kali membilas spon yang terkena sabun  bercampur sisa kotoran minyak dengan air bersih

Untuk membersihkan tungku, rendamlah tungku dengan deterjen pada bak cuci piring. Perendaman ini membantu mengangkat minyak dan kotoran lain yang melekat pada tungku. Setelah itu, sikatlah tungku menggunakan sikat dapur (boleh menggunakan sikat gigi baru yang berbulu kaku).

Satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya, yaitu melap selang yang mengalirkan gas dari tabung ke kompor. Selang cukup dilap dengan spon bersabun saja, kemudian langsung dilap dengan kain basah atau spon basah yang bebas sabun. Perawatan ini penting agar selang tetap elastis dan aman dipakai.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>