Daun Bangun-bangun Tanaman Berkhasiat Bagi Kesehatan

Temukan manfaat daun Bangun-bangun, yaitu daun dari tanaman berkhasiat bagi kesehatan. Daun Bangun-bangun sebagai tanaman obat tradisional dapat dimakan mentah. Aroma daun ini amatlah tajam. Sekali pegang, aromanya nan aromatik menempel di tangan. Beberapa tulisan menyatakan bahwa daun ini dapat digunakan untuk mengganti oregano pada masakan Italia. Teman kami mengenal daun ini sebagai bumbu masakan khas Sumatra Utara (adakah teman-teman yang dapat mengkonfirmasi 🙂 ?).

Berikut ini adalah ciri tanaman Bangun-bangun:

  1. Batang tanaman ini lunak dan berair.
  2. Dari batang yang menyentuh tanah akan muncul akar.
  3. Daunnya tebal dengan permukaan yang berbulu halus seperti beludru, ujung runcing dengan bagian tengah melebar, serta tepian bergerigi.
  4. Daunnya memiliki aroma tajam, baik jika dicium ataupun dipegang.
  5. Rasa daun Bangun-bangun sedikit asam.

Untuk menanam tanaman Bangun-bangun ini mudah saja, tinggal stek batangnya. Gambar di atas diambil dari tanaman yang terdapat di rumah kami.

Pengalaman kami dalam memanfaatkan tanaman obat tradisonal ini tidak disarankan untuk diterapkan sebagai pengganti ataupun pendamping pengobatan yang telah teman-teman jalani tanpa dikonsultasikan terlebih dahulu dengan pihak yang kompeten dan berwenang. Dalam keadaan-keadaan tertentu, bisa terjadi efek samping yang kami sendiri belum pernah alami selama memanfaatkan tanaman obat ini.

keluarganobel

Saya bekerja penuh waktu sebagai ibu di rumah. Menulis di blog adalah hobi saya. Memiliki waktu untuk menulis bagi saya adalah hal istimewa. Impian saya adalah, selepas anak-anak mandiri, saya dapat memiliki satu bentuk usaha di bidang kuliner yang dapat ditekuni dengan sepenuh hati. Menulis dan berbagi, menulis dengan hati..itulah bagian kecil dari waktu-waktu saya di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *