Kencur Tanaman Berkhasiat Bagi Kesehatan

Temukan manfaat kencur, yaitu rimpang dari tanaman berkhasiat bagi kesehatan. Kencur sebagai tanaman obat tradisional dapat dimakan/diminum mentah ataupun diolah dengan ditumbuk/diparut kemudian direbus (seperti jamu beras kencur). Tetapi dalam hal kencur untuk keperluan pengobatan, kami lebih suka melakukan cara yang pertama yaitu tanpa direbus.

Berikut ini adalah ciri rimpang kencur:

  1. Bagi kami, kencur sangat mudah dikenali dari aromanya, yang mana aromanya sangat sulit digambarkan melalui tulisan 😀  . Kencur ini ada di beberapa bumbu masakan seperti bumbu pecel, bumbu lotek (makanan Sunda berisi sayur-sayuran yang uenakk 😀 ).

Untuk menanam kencur ini mudah saja. Letakkan saja rimpang kencur di tempat kering yang bercelah-celah (seperti anyaman bambu) sampai muncul tunas baru. Tanamlah rimpang yang sudah mulai muncul tunasnya ini dengan bagian tunas baru menghadap ke atas. Sesungguhnya, kami sih belum memiliki tanaman obat kencur ini, jadi masih mengandalkan beli saja dari pasar di los penjual jamu-jamuan untuk mendapatkan kencur dengan ukuran yang tak terlalu kecil-kecil.

Pengalaman kami dalam memanfaatkan tanaman obat tradisonal ini tidak disarankan untuk diterapkan sebagai pengganti ataupun pendamping pengobatan yang telah teman-teman jalani tanpa dikonsultasikan terlebih dahulu dengan pihak yang kompeten dan berwenang. Dalam keadaan-keadaan tertentu, bisa terjadi efek samping yang kami sendiri belum pernah alami selama memanfaatkan tanaman obat ini.

keluarganobel

Saya bekerja penuh waktu sebagai ibu di rumah. Menulis di blog adalah hobi saya. Memiliki waktu untuk menulis bagi saya adalah hal istimewa. Impian saya adalah, selepas anak-anak mandiri, saya dapat memiliki satu bentuk usaha di bidang kuliner yang dapat ditekuni dengan sepenuh hati. Menulis dan berbagi, menulis dengan hati..itulah bagian kecil dari waktu-waktu saya di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *