Tips Liburan Sekolah Anggaran Tipis

Bagaimana cara untuk merencanakan [intlink id=”5954″ type=”page”]liburan anak sekolah[/intlink] dengan anggaran tipis? Jangan urungkan niat [intlink id=”5954″ type=”page”]berlibur[/intlink] jika memang tabungan yang dikhususkan untuk dana mengajak [intlink id=”5954″ type=”page”]anak berlibur[/intlink] dalam rangka liburan sekolah memang tidak terlalu banyak. Berikut ini tips liburan sebagai sumbang ide yang dapat teman-teman pakai untuk mengisi [intlink id=”5954″ type=”page”]liburan sekolah anak-anak[/intlink].

Pilih, pilah, pilih aktivitasnya dan terlibatlah dalam [intlink id=”5954″ type=”page”]aktivitas liburan[/intlink] bersama anak-anak agar liburan kali ini pun membawa kesan bagi anak-anak. Berikut sumbangan ide untuk teman-teman dalam memilih aktivitas liburan dengan anggaran tipis:

  1. Berenang atau berwisata air

    Berenang atau sekedar bermain air bersama akan menjadi sangat menyenangkan. Bawalah pistol air, jika memungkinkan, untuk meramaikan permainan air. Permainan yang dilakukan di air ini juga secara tidak langsung melatih otot-otot si kecil dan juga melatih kelincahan gerak.

  2. Wisata alam ke kebun buah

    Berkunjung ke kebun buah dapat dijadikan ajang untuk menambah pengetahuan tentang tanaman buah-buahan. Selain itu, jika tempat wisata yang dikunjungi menyediakan aktivitas petik buah sendiri, hal ini dapat menjadi nilai tambah untuk segera melakukan kunjungan ke sana. Bagi anak-anak yang hidup di kota, pengalaman ini tentunya akan sangat berharga. Mana pernah anak kota memakan buah hasil petikan sendiri? Kalaupun ada, tentunya jarang sekali.

  3. Area Bermain

    Pilih arena bermain anak yang menunjang mereka untuk bergerak dan berkreasi, jangan naik tunggangan bermesin yang hanya meninabobokan. Tentunya, pilih arena bermain yang cocok dengan usia anak. Bagi anak di atas empat tahun, mulai perkenalkan pada arena bermain yang mempunyai fasilitas memanjat, merangkak, meluncur. Lakukan secara aman. Jika perlu pengawasan orang tua, bermainlah bersama anak-anak alih-alih sekedar mengawasi.

  4. Mengerjakan ketrampilan tangan

    Asyiknya sih jika Ayah-Bunda ikut bersama-sama mengerjakan ketrampilan tangan ini bersama anak-anak. Misalnya bermain mencetak lilin mainan, atau membuat istana kertas. Kehabisan ide? Buku aktivitas anak yang banyak dijual akan memberikan ide-ide yang dapat dicoba.

  5. Membeli dan mengerjakan buku aktivitas anak

    Banyak sekali buku-buku yang menunjang kemampuan baca, hitung dan mengajak mereka untuk beraktivitas. Yang ini juga sepertinya lebih asyik dilakukan bersama-sama, yaitu Ayah-Bunda dan anak-anak. Seperti ini nih aktivitas yang dapat dilakukan dengan buku-buku aktivitas: menggunting, menempel, mencari jalan (permainan maze), mencari perbedaan dua gambar. Mau buku aktivitas yang murah-meriah pun banyak dijual. Cobalah pergi ke tempat-tempat penjualan buku yang sudah lewat masanya tetapi masih baru.

  6. Menonton film

    Nah, ini juga seru nih. Teman-teman dapat memilih untuk menonton film di rumah atau bioskop. Lebih hemat sih di rumah saja. Pilihlah film-film yang menyampaikan pesan moral yang berguna dan sesuai untuk anak-anak. Lebih seru, menontonlah bersama dengan pasokan makanan dan minuman ringan.

  7. Wisata ke museum

    Tentunya pilih museum yang cocok dengan usia anak-anak. Contohnya, anak-anak usia lima tahun mungkin tidak terlalu tertarik dengan museum yang menampilkan uang lama. Tapi ketika mereka diajak ke museum layang-layang, semangat mereka akan hidup. Atau mungkin juga di kota tempat tinggal teman-teman ada museum yang menyimpan kendaraan-kendaraan zaman perang…ini biasanya bisa menjadi sesuatu yang menarik bagi anak laki-laki.

Save on your hotel - HotelsCombined.com

Apapun jenis [intlink id=”5954″ type=”page”]kegiatan liburan[/intlink] yang dipilih, yang utama adalah kehadiran orang tua dalam aktivitas yang mereka lakukan. Kehadiran bukan hanya dalam bentuk sosok fisik, tetapi menghadirkan sosok dan perhatian Ayah-Bunda untuk terlibat dalam kegiatan anak-anak saat mereka mengisi [intlink id=”5954″ type=”page”]liburan sekolahnya[/intlink].

keluarganobel

Saya bekerja penuh waktu sebagai ibu di rumah. Menulis di blog adalah hobi saya. Memiliki waktu untuk menulis bagi saya adalah hal istimewa. Menulis dan berbagi, menulis dengan hati..itulah bagian kecil dari waktu-waktu saya di rumah.

4 thoughts on “Tips Liburan Sekolah Anggaran Tipis

  • June 22, 2012 at 06:10
    Permalink

    Thanks infonya. Bagus banget artikelnya.
    =======================================================

    Reply
    • July 6, 2012 at 10:29
      Permalink

      Terima kasih, Mukti. Silakan mampir lagi, bagikan pengalaman singkat…mungkin setelah mencoba praktek resep-resep makanan di sini :).

      Reply
  • June 29, 2012 at 17:02
    Permalink

    Mengisi dengan kegiatan positif seperti belajar menggambar juga baik untuk EQ dan kepribadian anak.
    =======================================================

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *