Memasak Bubur Ayam Cara Praktis

Tips masak di dapur tentang cara praktis membuat bubur ayam akan memudahkan kita menyantap bubur ayam sehat. Bukankah membeli bubur ayam itu lebih mudah daripada membuat bubur ayam sendiri? Ya memang, tapi dengan tips memasak bubur ayam praktis ini, membuat bubur ayam tidak lagi harus mantengin di depan kompor sampai gempor 😉 . Dengan memasak bubur ayam sendiri, bahan yang digunakan pun ada dalam kendali kita. Bubur ayam sehat tanpa pengawet, tanpa pengental pun dapat kita nikmati dengan mengikuti tips memasak bubur secara praktis, hemat gas dan hemat tenaga, yang rutin kami praktekkan.

Cara ini kami temukan setelah mendapatkan panci stainless steel yang memiliki alas tebal, hadiah dari mertua (terima kasih ya, Buk!) 🙂 . Penampakan pancinya, akan disertakan di tulisan ini juga. Jadi, ayo simak dengan seksama tips masak praktis berikut ini:

  1. Masukkan beras ke dalam air kaldu ayam yang sudah dididihkan sampai bergolak di dalam panci beralas tebal (tinggi air kaldu kira-kira  tiga ruas jari dari permukaan beras).
  2. Didihkan terus sambil diaduk sesekali selama 2-3 menit.
  3. Matikan api, tutup panci rapat-rapat dan biarkan hingga 2 jam.
  4. Buka tutup panci, beras yang semula berupa butiran ramping akan terlihat bengkak.
  5. Tambahkan air panas (jangan terlalu banyak, jika memang ternyata kurang dapat ditambah) dan masak bubur beras dengan cara diaduk sampai menjadi bubur. Jangan kuatir, tahap ini tidak akan terlalu lama jika tahap 1-4 dilakukan dengan benar. Dalam 10-15 menit, bubur nasi siap dihidangkan.

Keterangan gambar di atas:

  1. Panci stainless steel beralas tebal, disertai dengan tutupnya yang pas menutup rapat (tutup tidak terlihat pada gambar).
  2. Penampakan beras pada langkah ke-5, beras membengkak dan sudah dituangi air panas untuk kemudian dimasak menjadi bubur.
  3. Penampakan beras pada langkah ke-4, beras membengkak dan belum dituangi air panas.

Nah, demikian tips masak praktis dari dapur keluarga kami untuk bisa diikuti agar keluarga dapat menikmati bubur sehat bebas pengawet dan pengental. Kendali mutu kini berada di tangan kita 🙂 .

keluarganobel

Saya bekerja penuh waktu sebagai ibu di rumah. Menulis di blog adalah hobi saya. Memiliki waktu untuk menulis bagi saya adalah hal istimewa. Menulis dan berbagi, menulis dengan hati..itulah bagian kecil dari waktu-waktu saya di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *